Jumat, 23 September 2016

BUKAN MENCARI MENDALI

Einstein adalah seorang ilmuwan besar, mungkin salah satu yang terbesar sepanjang masa. Sudah sering ia mendapatkan penghargaan karena berbagai makalah dan karya ilmiahnya. Namun dia terkenal tak acuh terhadap penghargaan tersebut. Jika tidak diingatkan berulang kali oleh istrinya, Einstein mungkin sudah lupa mengambil dua buah medali yang dianugerahkan oleh British Royal Society dan Royal Astronomical Society di Kementerian Luar Negeri AS. Setelah mengambilnya pun, Einstein merasa tak ada yang istimewa.

Hal yang disukainya adalah pergi menintin film bersama istrinya di bioskop. Suatu kali, setelah menikmati sebuah film, dalam perjalanan pulang istrinya bertanya seperti apa bentuk medali tersebut. Namun, Einstein menjawab tidak tahu karena belum membukanya sama sekali.

Suatu hari, Einstein membaca surat kabar dan melihat artikel mengenai Neils Bohr yang mendapatkan medali American Banard Medal. Di artikel itu juga mencantumkan namanya sebagai penerima medali pada periode sebelumnya. Penghargaan itu hanya diberikan secara rutin sekali dalam empat tahun kepada ilmuwan dunia pilihan. Setelah membaca artikel tersebut, Einstein menunjukannya kepada sang istri dan menanyakan apakah itu benar karena ia tidak ingat sama sekali pernah menerimanya.

Itulah Einstein. Sosok yang tidak mengenal tanda penghargaan.

Pada saat menghadiri sebuah acara di Prussian Academy, seorang tokoh penting bernama Walter Nernst menghampiri Einstein . Ia tertarik dengan pakaian Einstein yang tidak menempelkan medali Pour le Merit. 

"Apakah istri Anda lupa memasangkannya di baju Anda?" kata Walter.

"Tidak, dia ingat. Aku saja yang tidak mau memakainya," jawab Einstein.

Begitulah Einstein. Dia senang pekerjaannya dihargai, tapi bulan itu tujuan akhir hidupnya. Ia berkerja bukan untuk mendapatkan medali atau piala. Dia bekerja untuk memecahkan masalah yang ia temukan dalam keilmuannya.

-Assep Purna-
101 Kisah Inspiratif

0 comments:

Posting Komentar